10 Sepatu/Sneakers Lokal Terbaik yang Wajib Kalian Tahu!

Sekarang lagi jaman ni, perlokalan duniawi. Saya sendiri cukup tertarik dan ngikutin nih, sejauh mana perkembangan sepatu/sneakers lokal di Indonesia, cekidot kuy. 10 Sepatu Sneakers Lokal erbaik yang Wajib Kalian Tahu!

1. Sepatu Sneakers Lokal “Brodo”

Yang pertama kita bahas adalah Sepatu Sneakers Lokal Brodo, sepatu asal bandung yang telah mulai diproduksi sejak tahun 2010. Saya tahu merek ini sudah lama, dan dari dulu kepincut banget ama merek ini sih. Dulu setahu saya merek ini hanya memproduksi sepatu-sepatu kulit saja, namun sekarang, seiring makin ramainya persepatuan lokal di Indonesia, yang lagi marak-maraknya sepatu vulcanized, brodo juga ikutan memproduksi sepatu vulcanized, walaupun setelah sebelumnya, brodo juga memproduksi varian-varian sepatu yang keren dengan tetap membubuhkan kulit pada sepatunya.

10 Brand Sepatu Lokal yang Wajib Kalian Miliki! Atau Minimal Tahu

https://www.instagram.com/bro.do/

Yang unik dari merek ini adalah, dulunya, merek ini katanya hanya bermodal 7 juta rupiah saja, berfokus jualan lewat forum-forum gitu, baik kaskus, facebook juga bbm (blackberry messenger). Wah masih inget banget sih dulu masih ada bbm.

Kenapa brodo saya saya bahas pertama? Ga tau ya, karna, ya keren aja klo ngeliat desain-desain sepatunya, kalo yang dulu, model-model sepatu kulitnya itu, bikin kita kayak, ngenilai ni sepatu tuh, maskulin banget. Ye gak?

 

2. Sepatu Sneakers Lokal “Piero”

Kedua, Sepatu Sneakers Lokal Piero, wah ini sih udah hampir semua anak sd tahun 2000-an pasti ngerti lah ya. Dulu nih, kirain ini merek dari luar negeri, eh ternyata dari indo juga. Kalau kalian perhatikan, nama piero ini ada artinya lho, coba balikin logonya dari atas ke bawah, atau balik urutan hurufnya dari belakang ke depan, maka akan membentuk kata “oreip”, mirip kata “urip” dalam Bahasa jawa kan? Yang artinya “hidup”. Kata urip ini dulunya menjadi kandidat calon nama dari brand ini lho.

10 Brand Sepatu Lokal yang Wajib Kalian Miliki! Atau Minimal Tahu

https://www.instagram.com/pieroindonesia/

Piero makin kesini makin keren desainnya. Walaupun banyak yang bilang desainnya mengikuti desain sepatu luar, tapi ya nama nya bermain di barang yang sama, yaitu sepatu, pasti bakal mirip-mirip bentuknya, mirip sepatu, hehe.

 

3. Sepatu Sneakers Lokal “FYC Footwear”

 

10 Brand Sepatu Lokal yang Wajib Kalian Miliki! Atau Minimal Tahu

https://www.instagram.com/fycfootwear/

Kalian masih ingat band rocket rockers? Nah, mantan vokalisnya nih, membuat brand sepatu lho, sepatu-sepatu untuk skateboard gitu, Sepatu Sneakers Lokal FYC Footwear ini mulai dikenalkan oleh Ucay di tahun 2014. Bentuk sepatu ini, dulu, sedikit mengingatkan kita kepada brand luar “Vans”, yang sekarang, makin kesini, makin banyak brand-brand sepatu dengan bentuk yang semacam itu juga. Kalau ga bentuk Vans ya bentuk converse. Namun, FYC Footwear tetap memiliki desain khasnya sendiri, seperti yang saya lihat, beberapa produk keluaran FYC Footwear memiliki lidah sepatu yang agak besar gitu, mungkin perpaduan antara skateboard dan hip hop kali ya?

 

4. Sepatu Sneakers Lokal “NAH Project”

10 Brand Sepatu Lokal yang Wajib Kalian Miliki! Atau Minimal Tahu

https://www.instagram.com/nah.project/

Nah, yang ini, saya sering banget dulu ngeliat produknya berseliweran di iklan Instagram. Dan ga kaget lagi Ketika makin terkenal saat Presiden Jokowi makai sepatu ini. Emang bagus sih desainnya. Walaupun jujur, pertama liat si aga ragu ya, karena siluetnya yang gitu-gitu aja menurut saya. Baru makin kesini, desain Nah Project makin keren, apalagi ketika Sepatu Sneakers Lokal Nah Project akhirnya melakukan beberapa kolaborasi dengan artis/seniman, keren sih, kalau saya sih paling suka yang NAH Project Monotranslucent yang kolab sama Kevin Works.

 

5. Sepatu Sneakers Lokal “Saint Barkley”

Ngomongin NAH Project jadi keinget Saint Barkley. Saya tau merek ini juga hampir bareng lah sama NAH Project, sama-sama Sepatu Sneakers Lokal yang dipakai Presiden Jokowi juga. Saya sih ngeliatnya, kesan pertama adalah: Gilak keren sih ini, bisa jadi alternatif nih. Semisal ga bisa beli Vans. Eh tapi dulu, sering sold out. Jadi susah gitu belinya. Ga tau deh kalau sekarang.

10 Brand Sepatu Lokal yang Wajib Kalian Miliki! Atau Minimal Tahu

https://www.instagram.com/saintbarkley/

Tapi tetep, keren. Dari namanya aja tu dah, ngejual banget. Kan? Yang saya suka juga selain bentuknya yang keren, perpaduan warna outsolenya, unik. Kuning gitu. Dan ga cuma sepatu aja yang dijual, kaos dll, semua keren-keren.

 

6. Sepatu Sneakers Lokal “Ventela”

Mulai dikenalkan sejak tahun 2017 oleh William Ventela, tapi saya baru ngeh sama merek ini tahun kemaren, 2019. Kesan pertama saat ngeliat sepatu ini adalah, sepatu converse yang memiliki siluet vans. Yap, kayak digabungin gitu. Kesan kedua, sepatu ini katanya nyaman banget buat dipakai. Apa iya? Kesan ketiga, produknya rapi banget. Iya karena mereka sebenarnya diproduksi dari pabrik besar yang udah ada sejak tahun 1970an, Sepatu Sneakers Lokal veteran nih.

10 Brand Sepatu Lokal yang Wajib Kalian Miliki! Atau Minimal Tahu

https://www.instagram.com/ventelashoes/

Oh iya, saya pernah pegang ini sepatu, dan memang benar apa saja kesan yang saya sebutkan tadi, Cuma kalau dibandingin sama sepatu Converse, kualitasnya masih jauh. Ya dari harga aja udah beda kan ya. Sepatu ini cocok buat kalian yang pengin Coverse tapi dana terbatas. Bahkan ada (banyak) sepatu ventela yang desainnya mirip Converse. Menariq.

 

7. Sepatu Sneakers Lokal “Sepatu Compass”

Tadi ngebahas ventela, kali ini ita bahas Sepatu Compass. Yang memang sebelum viral sepatu Ventela, sepatu Compass lebih dulu viral diperbicangan anak muda penggila Sepatu Sneakers Lokal. Karena apa ya? Saya sendiri punya satu sepatu Gazelle keluaran Compass, yang saya beli dulu tahun 2018 sebelum seviral sekarang. Dulu sih seneng aja gitu, walaupun belum terkenal dan viral, pakainya seneng, kyk lucu aja sepatunya, ga banyak yang pakai, jadi lebih berkesan “beda”. Eh tau-tau viral. Apa karena saya pakai ya, terus viral?

10 Brand Sepatu Lokal yang Wajib Kalian Miliki! Atau Minimal Tahu

https://www.instagram.com/pakaicompass/

Sama dengan Ventela, Compass juga sebenarnya adalah merek sepatu yang bisa dibilang veteran, dari tahun 1988 lho ya, tua juga kan. Sekarang bisa terkenal karena dibranding ulang sama Aji Handoko.

Hmm. Ngomongin Compass jadi keinget Campess, drama banget deh.

Untuk kualitas, menurut saya, sepatu ini keren-keren aja, tapi keras, pernah makai sepatu ini buat jalan kaki keliling Jakarta, pakai Compass Gazelle, sakit bet dah. Ga tau juga kalau yang produk dari pabrik Compass yang baru, apalagi yang produk collab ama The Genjots, kok kayak enak gitu ya sepatunya? Tapi ya, itu. Susah banget buat dapetin ini sepatu, harga resellnya gila. Saya termasuk beruntung bisa memiliki sepatu ini dengan harga normal, walaupun masih produk dari pabrik yang lama ☹

Oh iya, ga tau kenapa akun IG saya diblockir ama Compass, kenapa ya? Huhu

 

8. Sepatu Sneakers Lokal “Patrobas”

10 Brand Sepatu Lokal yang Wajib Kalian Miliki! Atau Minimal Tahu

https://www.instagram.com/patrobas.id/

Kalau yang ini, juaranya Sepatu Sneakers Lokal ternyaman sih keknya ya? Insole nya itu lho ya, pakai patrofoam, yang katanya empuuk banget. Kek bantal. Harga nya lumayan terjangkau, dan yang pasti mudah untuk dibeli. Karena yang dibeli ya sepatunya. Bukan drama nya. Ceilah.

 

9. Sepatu Sneakers Lokal “Geoff Max”

10 Brand Sepatu Lokal yang Wajib Kalian Miliki! Atau Minimal Tahu

https://www.instagram.com/geoff_max/

Kali ini kita sedikit bahas Geoff Max. kalau yang ini, menurut saya, vans banget, Cuma garisnya aja yang bukan bentuk vans. Saya pernah pakai Sepatu Sneakers Lokal ini selama satu tahun, kualitas yang didapat sih sesuai lah sama harga nya. Cuma sekarang Geoff max udah makin berkembang, karena makin banyaknya merek sepatu, Geoff max juga harus berkembang untuk mendapatkan pembelinya. Geoff Max sendiri juga telah menghadirkan segmen sepatu olahraga, lho. Yang keren-keren juga menurut saya, bisa jadi alternatif bagi yang bosen ama sepatu vulcanized.

10 Brand Sepatu Lokal yang Wajib Kalian Miliki! Atau Minimal Tahu

https://www.instagram.com/athleticafootwear/

 

10. Sepatu Sneakers Lokal “One Triple Nine”

10 Brand Sepatu Lokal yang Wajib Kalian Miliki! Atau Minimal Tahu

https://www.instagram.com/1_________999/

One Triple Nine. Merek ini adalah mereknya musisi terkenal Dochi Sadega (PWG). Didesain oleh Dochi yang notabene juga penggila Sepatu Sneakers Lokal. Dan coba deh kalian lihat, keren juga desain-desainnya, apalagi yang terbaru ni, yang bisa menyala dalam gelap, gila sih, keren juga tu sepatu. Menurut saya desainnya sangat berani sih, kayak beda aja gitu.

11. Tambahan.

10 Brand Sepatu Lokal yang Wajib Kalian Miliki! Atau Minimal Tahu

10 Brand Sepatu Lokal yang Wajib Kalian Miliki! Atau Minimal Tahu

Masih ada banyak lagi sih merek sepatu lokal yang ajib banget, nanti-nanti deh kita bahas lagi ya, kayak Ortuseight, Campess yang tadi sempet kita singgung, Pijak Bumi, dan masih banyak lagi, kayaknya banyak juga pendatang baru yang menghadirkan pilihan yang menarik juga lho, kayak marque dll. Ah jadi ga sabar.

Add Comment